Kamis, 07 April 2011

Kenapa Ujian Pakai 2B

Guys, kalian yang akan menghadapi ujian pasti membutuhkan pensil 2B kan??? Ada yang tau kenapa harus Pensil 2B yang di gunakan untuk ujian??? Padahal saat ini terdapat tak kurang 350 jenis pensil dengan fungsi yang berbeda-beda. Kegunaan pensil pun bermacam-macam, seperti pensil warna untuk menggambar, pensil lembut untuk menggambar bangunan, pensil khusus untuk kaca dan plastik. Bahkan seorang dokter bedah pun membutuhkan sebuah pensil khusus untuk menandai bagian tubuh yang akan dioperasi.
Untuk menandai tingkat kekerasannya digunakan kode tertentu, seperti H untuk pensil keras dan B untuk pensil lembut dan tebal. Misalnya, pensil 6H menghasilkan garis tajam dan tipis, sedang pensil 8B menghasilkan garis lembut dan tebal. Variasi kepekatan ini dapat dilihat dari tulisan yang ada, lalu diikuti dengan huruf EE, EB, B, dan H.
Masih belum tau alasan kenapa kita gunakan pensil 2b???

Pensil 2B yang harus kita gunakan ketika mengisi lembar jawaban untuk diperiksa melalui komputer, ternyata menghasilkan goresan lebih gelap bukan karena partikel-partikel grafitnya lebih gel.  Tetapi karena grafil yang ditorehkan ke celah-celah di antara serat-serat kertas lebih banyak, dan penyebabnya adalah kandungan grafit lunak di sini lebih tinggi dibanding lempung yang lebih berfungsi sebagai pengeras. 
Grafit adalah sejenis mineral mengilap, maka goresan tebal yang ditinggalkan pensil 2B pada bundaran-bundaran di lembar jawaban dapat memantulkan cahaya.  Lembar jawaban itu selanjutnya dilewatkan ke scanner yang secara otomatis mencari bundaran-bundaran pemantul cahaya.  Jika mesin mendeteksi pantulan dari tempat yang salah, selamat, kita memperoleh nilai bagus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons